Rekomendasi Acara Wisata di Chiang Mai

Hari 1

Tempat terindah yang mesti Anda kunjungi adalah Wat Phrathat Doi Suthep di puncak gunung, kuil tersuci sekaligus tercantik di utara Thailand, yang menyimpan relik suci Sang Buddha. Kami sarankan untuk datang sepagi mungkin, jam 6 sudah buka.

7 km dari sana, terdapat Doi Pui, lokasi desa suku gunung Hmong hill tribe village dengan ladang opiumnya, berlatar belakang pemandangan indah dan udara pegunungan yang segar.

Setelah puas menikmati kehidupan pegunungan Chiang Mai, mari kita berkenalan dengan warga Chiang Mai paling ternama: Zhuang Zhuang, Lin Hui dan Lin Ping, keluarga panda lucu di Chiang Mai Zoo.  Di sini kita juga bisa bertemu koala, dan melihat akuarium raksasa baru. Saat turun dari gunung Doi Suthep, Anda dapat singgah di Tiger Kingdom yang memiliki banyak sekali harimau yang menggetarkan. Tutuplah hari dengan Kantoke Dinner, acara makan malam khas Chiang Mai. Di sini, selain dapat menyaksikan tarian khas Chiang Mai Anda juga dapat menerbangkan lentera khom loi, sebagai perlambang pembuangan sial dan kekuatiran, dan pemberi harapan baru.

Chiangmai Highlands GSR H18 121110859 1030x686 - Acara Wisata di Chiang Mai

Hari 2

Selain panda, satu hewan lucu lain yang menanti Anda di Chiang Mai adalah gajah. Ada beberapa area gajah yang terdapat di sini, salah satunya adalah Mae Tang dan Mae Sa Elephant Camp, tempat menyaksikan gajah-gajah lucu menggambar, bermain bola dan menghibur Anda sekeluarga. Jika Anda ingin membantu penyelamatan dan rehabilitas gajah terlantar, Anda bisa mengunjungi Patara atau Elephant Nature Park.

Tak jauh dari Mae Sa, terdapat Baan Tong Luang, sebuah desa percontohan suku gunung. Di sini Anda dapat melihat contoh kehidupan suku gunung yang unik, yang desa aslinya berada jauh di pegunungan Chiang Rai.

Setelah itu, Anda dapat melihat kesenian rakyat Chiang Mai di Bo Sang, sentra lukisan payung namun juga dapat melukis di tas atau jins Anda! Sedangkan pusat sutra, perak, lacquer, giok dan celadon adalah di San Kamphaeng, yang juga memiliki San Kamphaeng Hot Spring dengan kolam air panas alam dan geyser yang menjulang tinggi. Penggemar seni pasti suka ke Baan Tawai, pusatnya kerajinan ukiran, baik untuk dekorasi maupun untuk furnitur.

Tutup malam yang indah di salah satu restoran di tepi sungai Ping yang romantis seperti Good View, Ratilanna, The Deck atau Riverside, atau bersantai di klub dan kafe di sepanjang Nimman Hemin Road, yang juga memiliki deretan toko-toko butik yang cantik.

 

Alpine - Acara Wisata di Chiang Mai

Hari 3

Penggemar botani dapat melihat Queen Sirikit Botanical Garden, dengan Canopy Walkway, jembatan di atas hutan alam yang luar biasa. Pilihan lain adalah taman bunga Ratchaphruek Garden, lengkap dengan koleksi aneka tanaman langka dan replika rumah adat Thailand yang cantik untuk dijadikan latar foto Anda. Kemudian Anda bisa bersantap di 137 Pillar House, sebuah resto unik yang telah berusia ratusan tahun.

Ingin melihat kehidupan rakyat sehari-hari? Datanglah ke pasar Warorot atau Ton Payom. Makanan yang dijual juga sangat khas, dan jangan lupakan kue-kuenya (khanom)!

Kawasan yang sangat menarik untuk dijelajahi adalah area Old City, mulai dari Tha Phae Gate. Jika hari Sabtu area Wua Lai akan menjadi pasar malam, sedangkan saat Minggu, area Tha Phae yang akan menjadi Sunday Night Market yang sangat menarik karena juga menyediakan aneka makanan khas.

Saat senja, luangkan waktu untuk mengunjungi Wat Phra Singh di Old City, kuil dari abad 14 karena sangat cantik untuk difoto. Saat malam, Anda dapat memilih antara melihat Chiang Mai Night Safari atau kembali menikmati pasar malam.

IMG 8878 1030x686 - Acara Wisata di Chiang Mai

Hari 4

Bagi pecinta alam, tempat terindah adalah Taman Nasional Doi Inthanon merupakan pegunungan tertinggi di Thailand, yang juga merupakan awal dari pegunungan agung Himalaya. Cocok untuk trekking dan menikmati alam asri dengan pemandangan yang sangat cantik. Dua buah kuil kembar yang indah terdapat di sini, Phra That Naphamataneedon. Alternatif lainnya adalah Flight of The Gibbon, aktivitas pemenang penghargaan TAT ini membuat Anda bagai terbang di atas hutan prasejarah.

Penggemar budaya dapat mengunjungi Chiang Mai Old Cultural Center (www.oldchiangmai.com), untuk mengetahui budaya Lanna (Thailand utara), Chiang Mai National Museum dengan koleksi seni Buddhis yang sangat baik, sedangkan penggemar sejarah dapat ke kuil Wat Chedi Luang, sebuah kuil penting dengan kisah Jataka di dinding vihara, atau kuil Wat Ram Poeng, yang juga menyediakan kursus meditasi dalam bahasa Inggris. Pilihan aktivitas lainnya adalah berlatih memasak citarasa Thailand utara yang beda.  Untuk rileks, jangan lupa menutup pengalaman Anda di Chiang Mai dengan spa, karena Chiang Mai adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pijat khas Thailand.

IMG 8878 1030x686 - Acara Wisata di Chiang Mai