Satun Diresmikan sebagai Global Geopark Pertama di Thailand

TAT, Jakarta – Kabar gembira! UNESCO telah secara resmi menunjuk sekitar setengah provinsi Satun sebagai Global Geopark pertama di Thailand. Tempat ini dipilih karena keindahan alam serta geologisnya yang populer. Dewan eksekutif UNESCO di Paris pun telah mengesahkan 13 situs baru di seluruh dunia yang menunjukkan nilai geologi, ekologi, arkeologi, dan budaya yang khas sebagai UNESCO Global Geoparks yang baru.

satun - Satun, UNESCO Global Geopark pertama di Thailand

Satun

Tentang Satun UNESCO Global Geopark – Thailand

Daerah ini populer tak hanya di Thailand, tapi juga seluruh Asia Tenggara karena kelimpahan dan keanekaragaman spesies fosil yang tinggi serta untuk suksesi fosil tertua. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Satun ini adalah Prasat Hin Panyod yang merupakan geopit terpenting Geopark. Fitur geologis yang luar biasa dari situs ini bisa dilihat dari lanskap puncak karst puncak yang memesona. Termasuk juga gua laut yang menakjubkan dan laguna tersembunyi, yang dapat dikunjungi wisatawan dengan kayak.

Satun UNESCO Global Geopark terletak secara eksklusif di provinsi Satun di Thailand selatan. Geopark mencakup empat distrik (Thungwa, La-ngu, Manang, dan bagian dari Mueang Satun) termasuk dua taman nasional dan satu suaka margasatwa. Ketinggian mencapai hingga 732 meter dan suhu berkisar antara 23 derajat celcius dan 34 derajat celcius. Pegunungan dan kaki bukit menjadi ciri wilayah timur dan utara, sementara pantai dan pulau-pulau pesisir mendominasi bagian Laut Andaman dari Geopark.