upacara 845x321 - Selamat Merayakan Festival Songkran!
Festival Songkran merupakan salah satu perayaan yang paling terkenal di Thailand, dan umumnya dikenal sebagai pesta air terbesar di dunia.
Namun, Festival Songkran yang sebenarnya merupakan Tahun Baru Thailand ini juga memiliki acara tradisional yang lebih bermakna dalam.
Songkran Festival North 0235PO resize - Selamat Merayakan Festival Songkran!

Berikut beberapa acara dan lokasi untuk merayakan Festival Songkran 13 – 15 April 2018.

BANGKOK 

  • Grand Songkran Celebration 2018 di Lumpini Park (12-15 April): Rupang Phra Buddha Sihing dari National Museum akan dibawa dalam arak-arakan untuk ditaruh di Lumpini Park. Selama periode ini, publik dapat melakukan ritual Song Nam Phra atau menyucikan rupang Phra Buddha Sihing dengan air wangi. Juga ada upacara derma massal, untuk menandai awal Tahun Baru Thailand, serta tradisi meminta berkat dari orang-orang yang dituakan atau Rot Nam Dam Hua.

upacara2 - Selamat Merayakan Festival Songkran!

  • Songkran Wisutkasat (12-13 April): ini merupakan perayaan Songkran di Bangkok sejak 1931, di Wisutkasat Road (Di bawah jembatan Rama XIII), yang juga merupakan awal dari kontes kecantikan Miss Songkran di Thailand. Festival tradisi sudah diadakan selama lebih dari 70 tahun, bersamaan dengan berbagai acara budaya. Penduduk akan berkumpul sejak pagi untuk memberi derma kepada para biksu, memandikan rupang Buddha yang suci dan mengikuti upacara Rot Nam Dam Hua, menuang air ke orang-orang yang dituakan dan mencuci kaki ibu untuk meminta berkat. Pengunjung juga bisa ikut dalam tradisi Chak Phra, sebuah rupang Buddha yang diapung di sungai di sekitar kawasan untuk menghormati Sang Buddha.

ceremony - Selamat Merayakan Festival Songkran!

  • Songkran at Lhong 1919, sebuah kawasan bersantai baru di dermaga sisi Thon Buri dari Chao Phraya River. Area ini memiliki ‘terowongan melati’ di pintu masuk, dengan air suci dari upacara Dhevaphisek di Somdej Phra Wannarat, dan rupang Buddha suci Phra Somprathana dari Wat Phichaya Yatikaram Worawiharn untuk melakukan upacara Song Nam Phra. Tersedia pula makanan tradisional khao chae untuk mendinginkan tubuh, sembari menikmati musik dari Symphony Swing setiap senja.
  • Songkran di Siam – pertokoan Siam Paragon, Siam Center dan Siam Discovery (BTS Siam) juga menggelar acara Siam Summer Getaway hingga 16 April. Berbagai kegiatan bertema akan digelar, seperti sembilan rupang Buddha suci dari National Museum yang akan dimandikan dalam upacara Song Nam Phra, disertai pameran tentang Songkran dan demo tentang budaya khas seperti pembuatan nam ob atau wewangian, dan merangkai bunga. Restoran di pusat perbelanjaan ini juga akan menggelear Songkran Food Festival: Taste of Thai Tradition.

AYUTTHAYA 

  • Songkran at the Ancient Capital (13-15 April): ibukota masa lalu ini mengundang para wisatawan untuk merayakan Songkran dengan cara yang unik – saling siram dengan gajah di Ayutthaya Historical Park, sebuah tempat yang telah mendapat status World Heritage dari UNESCO. Acara siram menyiram dengan gajah ini akan digelar di jalan di depan kantor TAT Ayutthaya. Beberapa kegiatan budaya juga akan diadakan, seperti menuang air ke rupang Buddha suci, membuat pagoda pasir, dan merayakan tarian tradisional bersama penduduk setempat. 
  • Mon Songkran of Ayutthaya (13-15 April): penduduk keturunan Mon memiliki tradisi tersendiri saat Festival Songkran, dan dapat disaksikan di area Bang Pa-in di Ayutthaya, di mana berbagai aktivitas akan berlangsung di sekitar vihara Wat Thong Bo. Pengunjung dapat berderma dengan menyumbang makanan ke biksu, dan melihat upacara penyelubungan pagoda utama di Wat Tong Bo dengan kain suci. Salah satu unsur unik dari upacara kaum Mon adalah memandikan rupang Buddha dengan pipa bambu yang panjang. 

Mon - Selamat Merayakan Festival Songkran!

SUKHOTHAI

  • Upacara Song Nam – Oi Tan, Songkran Si Satchanalai (8-12 April): Bertempat di Monumen Phra Mahathammaracha I (Lithai) di Si Satchanalai, untuk menghomati Phra Maha Thammaracha I, Raja Sukhothai (1347 – 1368). Oi Tan berarti memberi sumbangan dan berkaitan dengan moral baik di kalangan penduduk Sukhothai. Setiap tahun diadakan juga kontes kecantikan Lady Oi Tan dan parade budaya dari masyarakat, dan tentunya aneka hidangan khas utara Thailand. 
  • Retro Songkran Splendours, Sukhothai 2017 (12-14 April): Di Sukhothai Historical Park, pengunjung dapatmenikmati berbagai kegiatan tradisional untuk merayakan Tahun Baru Thailand ini. Salah satu yang terkenal adalah lomba pembuatan pagoda pasir, di mana para keluarga berlomba membuat desain yang menakjubkan. Di sini, festival Songkran merayakan status kota tua ini sebagai asal muasal kebudayaan Thailand, jadi banyak pengunjung turut mengenakan kostum tradisional dan mengenang gaya hidup di masa lalu. 
  • Sukhothai Songkran di Wat Sri Chum (13 – 16 April): Wat Si Chum merupakan salah satu kuil paling terkenal di Thailand, dan rupang Buddha raksasanya menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia untuk menghormati dan menaruh daun emas. Kuil dari abad 13 ini juga banyak dikunjungi saat Tahun Baru Thailand. Tempat lain yang juga dikunjungi untuk melakukan ritual budaya dan religi adalah di Monumen Chao Muen Dong.

CHIANG MAI

Chiang Mai 2 - Selamat Merayakan Festival Songkran!

Ibukota kerajaan kuno Lanna ini memiliki tradisi Songkran yang dinamakan Paweni Pi Mai Muang Chiang Mai Songkran Festival, 12 – 15 April. Di sini Anda bisa menyaksikan berbagai kegiatan berbasis air yang menyenangkan, serta upacara suci yang mencerminkan aspek religi dari festival ini bagi penduduk Lanna. Di Chiang Mai, Songkran juga disebut sebagai Paweni Pi Mai Muang.

Saat 13 April pagi, atau disebut sebagai Wan Sangkhan Long, penduduk akan membakar petasan untuk mengucapkan selama tinggal ke tahun yang lalu dan membuang sial. Di jantung kota mulai dari monumen Three Kings dan Tha Phae Gate hingga ke Wat Phra Singh, penduduk dan wisatawan dapat ikut memandikan rupang suci Phra Buddha Sihing, serta mengarak pasir dan Sali (pohon Bodhi) ke kuil, ditambah aneka acara dan pertunjukan budaya. Tentunya, juga ada makanan khas seperti khanom tien (kue seperti piramid), tom mad (ketan isi pisang) dan khanom pad (kue lapis kukus).

Saat senja, festival akan diramaikan dengan tarian retro gaya Lanna dan kontes Miss dan Mr Songkran.

PHUKET

  • Songkran on the Beach (11-13 April): ikutilah kemeriahan “Songkran on the Beach” di Patong beach. Juga ada ritual Rot Nam Dum Hua, arak-arakan rupang Buddha suci Phra Budha Sihing, pertunjukan budaya, serta berbagai lomba dan hiburan yang seru. Di Phuket Town akan ada parade bunga, pertunjukan dan tarian budaya, serta Kontes Miss Songkran yang sangat populer.
  • Songkran No L (13 April): Mal Limelight Avenue akan menggelar pesta Songkran yang bebas alkohol yang cocok bagi anak-anak dan seluruh keluarga.

HAT YAI

Songkran 2 - Selamat Merayakan Festival Songkran!

Midnight Songkran

Songkhla Grand Songkran Celebration & Hat Yai Midnight Songkran 2018 (12-15 April): Acara utama akan digelar di jalan-jalan Nipat Uthit 3, Sanehanusorn dan Thammanoon Vithi. Akan ada musik dan konser gratis, serta berbagai hiburan setiap hari mulai jam 10 pagi hingga 11 malam, dan parade Songkran Carnival.  Di sini juga ada Midnight Songkran yang sangat istimewa.

Selain tempat-tempat di atas, berbagai kota lain juga menggelar acara Festival Songkran yang seru untuk diikuti, seperti di Pattaya, Chonburi, Nakhon Pathom, Nong Khai, Sing Buri, Chanthaburi, Kamphaeng Phet, Kalasin, dan Nakhon Si Thammarat.

Selamat merayakan Festival Songkran, atau di Thailand kami menyebutnya Sawadi Pi Mai!